SELAMAT DATANG DI BLOG KAMPUNG MEDIA NARMADA SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT

Rabu, 17 April 2013

TRADISI BEGAWE SEBAGAI MEDIA SILATURRAHMI


Anggota banjar laki laki sedang sibuk menyiapkan lauk pauk
dan makanan untuk acara begawe.
Narmada KM, Menyebut kata "Begawe" adalah sesuatu yang sangat familier ditelinga orang orang yang mendiami Pulau lombok terutama dari kalangan suku Sasak, Begawe adalah kegiatan syukuran atau pesta yang biasa dilakukan masyarakat suku sasak dalam merayakan sesuatu, seperti acara pernikahan (Nyongkolan dan nanggep dalam bahasa sasak), khitanan, ngurisan dan kegiatan syukuran lainnya. Biasanya penduduk dalam kampung yang sama dan kampung tetangga yang berdekatan datang ke rumah pemilik acara atau epen gawe (sasak red.) sambil membawa baskom yang beisi beras dan gula bahkan di beberapa kampung ada yang membawa hasil pertanian mereka, kemudian setelah pulang mereka membawa "Berkat" atau oleh-oleh dari pemilik rumah biasanya berupa nasi beserta lauknya dan aneka jajan-jajan tradisional. 

Yang luar biasa dan keunikannya semua kegiatan dari proses persiapan sampai pelaksanaan acara begawe tersebut dilakukan secara bersama sama dan tergabung dalam kelompok Banjar, Para ibu ibu sibuk menyiapkan berbagai jenis  jajanan tradisional serta minumannya, sementara yang laki laki menyiapkan makanan dan lauk pauknya. Itu semua dikerjakan secara bersama sama hingga kebersamaan, kekompakan, jalinan silaturrahmi dan rasa persaudaraan sangat terlihat nyata.
Seperti yang terjadi pagi itu, Minggu 7 April 2013  di Kebon belek sebuah dusun dikecamatan Narmada sedang ada acara begawe Khitanan, dari pagi buta warga kampung tersebut dan kampung tetangga disekitarnya datang berbondong bondong kerumah epen gawe tempat acara dilaksanakan.
Amak Eni seorang tokoh adat desa setempat mengungkapkan rasa syukurnya karena masyarakat disekitar kampungnya masih mempertahan tradisi ini yang didapat secara turun temurun dari nenek moyangnya sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar