SELAMAT DATANG DI BLOG KAMPUNG MEDIA NARMADA SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT

Kamis, 20 September 2012

BPMPD LOMBOK BARAT LATIH PENGURUS BUMDES

Narmada KM, Badan Usaha Milik Desa atau biasa disingkat BUMDES, adalah badan usaha yang dibentuk oleh desa untuk mendukung kegiatan pembangunan di perdesaan, Bumdes dihajatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pengadaan modal usaha bagi masyarakat yang memiliki usaha skala kecil, sebagai penyedia jasa untuk pembayaran listrik, telepon, PDAM, dan berbagai usaha lain yang dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Namun data dilapangan menunjukkan bahwa hampir sebagian besar bumdes tidak berjalan sesuai dengan harapan, Bumdes belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. 
Menyikapi permasalahan tersebut, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan desa Kabupaten Lombok Barat yang merupakan leading sektor pemerintahan desa dalam pengelolaan BUMDES, mengadakan pelatihan untuk pengurus BUMDES Se Kecamatan Narmada dan Lingsar. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut bertempat di Aula LKMD Narmada, dan di buka langsung Kepala BPMPD Kabupaten Lombok Barat Drs. H. Achmad Zaeni, MM. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa BUMDES sebagai penggerak perekonomian masyarakat pedesaan Pembangunan pedesaan pada dasarnya merupakan suatu strategi untuk memperbaiki kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat yang masih tergolong miskin melalui pemerataan pendapatan. Disamping itu kepala BPMPD juga mengatakan pengurus BUMDES harus memperkuat kelembagaanya dan merapatkan barisan, melihat potensi-potensi yang tersedia di masyarakat untuk dikembangkan. Karena pengurus bumdes tidak hanya semata-mata pelaku ekonomi tetapi juga pelaku pemberdayaan masyarakat di desa. 
Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 19 s/d 20 September 2012 tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengurus dan kelembagaan BUMDES yang meliputi : 
1.Penguatan manajemen pengelolaan keuangan BUMDES 
2.Manajemen pengelolaan usaha 
3.Administrasi keuangan dan Pelaporan BUMDES 
4.Penyusunan rencana pengembangan uasaha dan potensi yang dapat di kembangkan oleh pengurus BUMDES. 
5.Teknik menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pihak luar (pelaku usaha, pemerintah, lembaga keuangan dan lembaga-lembaga masyarakat). 
Menurut salah seorang peserta, Sanwan Hardi dari Desa Nyurlembang mengatakan melalui pelatihan ini saya berharap akan dapat meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana mengelola BUMDES yang baik, karena selama ini BUMDES belum bisa berkontribusi maksimal kepada masyarakat. Sanwan Hardi berharap kedepannya BUMDES dapat menjawab kebutuhan masyarakat, dan dapat membantu Desa dalam melaksanakan pembangunaan di Desa Kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar