SELAMAT DATANG DI BLOG KAMPUNG MEDIA NARMADA SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT

Kamis, 23 Februari 2012

INTEGRASI MUSRENBANGCAM DENGAN MAD II


KM Narmada, Musrenbangcam sebagai forum musyawarah tertinggi  ditingkat kecamatan yang bertujuan untuk menyusun rencana pembangunan kecamatan merupakan kegiatan rutin yang dilaksnakan oleh pemerintah kecamatan sesuai dengan amanat UUD No.25 tentang perencanaan pemabngunan Nasional.
Kecamatan Narmada merupakan salah satu kecamatan diwilayah Kabupaten Lombok Barat yang ditetapkan sebagai lokasi PNPM Mandiri Perdesaan. Dalam tahapan pelaksanaan program PNPM, PTO PNPM mensyaratkan untuk dilakukan musyarawah prioritas usulan (MAD II). Yang bertujuan untuk menentukan kegiatan apa saja yang akan dibiayai oleh PNPM bagi Desa-desa ada diwilayah kecamatan Narmada, yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan Musrenbangcam.
Pada tahun-tahun sebelumnya MAD prioritas usulan yang merupakan produk PNPM, dilaksnakan secara terpisah dengan Musrenbangcam. Padahal dari segi peserta dan output kegiatan adalah sama. Pelaksanaan yang terpisah antara Musrenbangcam dengan MAD II ini memiliki dampak negative yang tidak epektif dari sisi perencanaan. Hal ini disebabkan karena usulan dari masing-masing desa sering kali tumpang tindih (dobel penganggaran).
Sejak bergulirnya wacana Integrasi sejak tahun 2009 lalu, kini perencanaan pembangunan kecamatan versi PNPM-MP dengan Musrenbangcam yang diatur oleh pemerintah pusat sudah dapat berintegrasi. Musrenbang integrasi ini memiliki sisi positif dalam hal epektifitas waktu, perencanaan dan pendanaan. Karena tidak lagi dilaksanakan musyawarah yang serupa (Musrenbang dengan MAD II). Artinya kegiatan yang tidak bisa di danai dari pemerintah Daerah Lombok Barat dapat, dapat dibiyai oleh PNPM-MP. 
Disamping itu, Musrenbang Integrasi ini dilaksanakan dengan harapan agar terbentuk korelasi positif antara pemerintah dan masyarakat dalam kerangka pembangunan daerah serta agar tidak terjadi tumpang tindih pendanaan pembangunan. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa pola perencanaan yang dilaksanakan oleh PNPM-MP dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Oleh karena itu dengan diintegrasikannya perencanaan program pembangunan daerah dengan PNPM MP ini, akan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut bersama-sama dengan pemerintah dalam merencanakan pembangunan di kecamatan Narmada. Untuk mewujudkan Narmada sebagai kota budaya yang maju mandiri dan bermartabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar