SELAMAT DATANG DI BLOG KAMPUNG MEDIA NARMADA SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT

Rabu, 22 Februari 2012

"MEPES" SEBAGAI MATA PENCAHARIAN ALTERNATIF


KM Narmada, Ditengah himpitan ekonomi dan sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan di saat sekarang ini menyebabkan sebagian ibu-ibu di kecamatan Narmada menjadikan  Mepes sebagai mata pencaharian utama, untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.
Mepes adalah istilah bahasa yang digunakan oleh masyarakat sasak, yaitu mencari sisa-sisa biji padi yang telah di rontokkan dengan alat perontok. (sudah dirampek). Konon tradisi mepes ini sudah berlangsung secara turun temurun, untuk membantu perekonomian keluarga, dan biasanya digeluti oleh ibu-ibu yang sudah berusia senja. (diatas 50 tahun). Begitulah mata pencaharian alternative yang digeluti  ibu-ibu  rumah tangga yang tidak ada pekerjaan tetapnya di sebagian besar masyarakat di Kecamatan Narmada.
Aktifitas ini dilakukan oleh ibu-ibu tersebut untuk mencari nafkah bagi keluarga mereka (mencari bekal hidup). Ibu-ibu yang sudah berumur senja tersebut rela mencari sisa padi hanya untuk menyambung hidupnnya.
Panas teriknya mentari terkadang tidak dihiraukan, mereka tetap terlihat tegar dan bersemangat dalam menekuni pekerjaannya. Padahal kalau dilihat dari hasil yang mereka dapat dalam satu hari (dari pagi sampai sore), hanya 2 atau 3 kg pagi yang masih basah.
Aktifitas mepes ini dilakukan oleh ibu-ibu  sampai dengan musim tanam berikutnya tiba. Berat memang, tapi aktifitas ini dilakukan dengan senang hati, dengan penuh rasa tanggungjawab demi mendapatkan sesuap nasi. Untuk memenuhi kebutahan dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar