SELAMAT DATANG DI BLOG KAMPUNG MEDIA NARMADA SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT

Jumat, 30 November 2012

BPMPD LOBAR GELAR SEMILOKA SKPD

Narmada KM, Bertempat di Lesehan Dini Gerimax Indah Kecamatan Narmada, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lombok Barat menggelar seminar dan lolakarya untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat. Seminar yang digelar pada hari Selasa, 27 Nopember 2012 itu dihadiri Oleh perwakilan SKPD Se Kabupaten Lombok Barat, Camat Se kabupaten Lombok Barat, Kasi PMD se kabupaten Lombok Barat dan pelaku-pelaku program pemberdayaan masyarakat lainya.
Semiloka yang di gelar selama 1 hari tersebut rencananya akan dibuka oleh Bapak Bupati Lombok Barat, Namun karena Bupati tidak hadir maka kegkiatan tersebut dibuka oleh Kepala BPMPD Lombok Barat Drs.H.Aachmad Zaini,MM. Yang mana dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menghasilkan sesuatu yang baik maka harus dimulai dengan perencanaan yang baik, dengan melibatkan semua unsur seperti Pemerintah, politisi, LSM, dan wakil-wakil masyarakat yang bisa merefresentasikan suara masyarakat kecil, disamping itu beliau juga berharap kepada peserta yang hadir agar memberikan masukan yang sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan manfaatan yang lebih besar, untuk dapat dijadikan acuan dalam melakukan pendampingan terhadap masyarakat di kabupaten Lombok Barat. 
Bertindak sebagai Narasumber dalam seminar tersebut adalah Bq. Nurhayati fasilitator kabupaten program PNPM, Kepala BPMPD Lombok Barat Drs.H.Achmad Zaini, dan BAPEDDA Provinsi NTB. Adapun permasalahan yang di bahas dalam seminar tersebut adalah masih terdapatnya kegiatan-kegiatan yang tumpang tindih antara SKPD Lombok Barat dengan pelaku pemberdayaan lainnya PNPM, disamping itu permasalahan yang berkembang adalah perencanaan yang dibuat oleh PNPM dengan yang dibuat oleh SKPD seringkali tidak singkron, sehingga dibeberapa tempat terjadi doubel pendanaan. 
Adapun Output atau hasil dari seminar ini diharapkan akan dapat Meningkatkan kualitas proses dan hasil perencanaan pembangunan desa di kabupaten Lombok Barat, Selarasnya perencanaan teknokratis, perencanaan politis dan perencanaan partisipatif, dan Mendorong terwujudnya pembagian wewenang dan penyerahan urusan pemerintah kabupaten kepada pemerintah desa. Dengan tercapainya tujuan tersebut diaharapkan akan dapat meningkatkan kwalitas kegiatan yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan berkurangnya masyarakat miskin di kabupaten Lombok Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar