SELAMAT DATANG DI BLOG KAMPUNG MEDIA NARMADA SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT

Senin, 18 November 2013

Benamg Setokel Waterfall

KM Narmada, Berwisata Air untuk berbasah ria memang Lombok tempatnya, ada berbagai macam pilihan terdapat dipulau yang berjuluk Seribu Masjid ini, dari deretan pantainya yang sangat indah terbentang dari utara sampai selatan, selain itu juga ada banyak air terjun yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah air Terjun Benang Setokel.
Terletak di kaki Gunung Rinjani tepatnya didusun Pemotoh Desa Aik Berik Kecamatan Batu Kliang Utara Kabupaten Lombok Tengah berjarak  30 KM arah timur Kota Mataram dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dan bisa juga dari Bandara International Lombok (BIL) 25 KM kearah Utara dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. dengan kondisi infrastruktur jalan yang sudah bagus, memudahkan bagi para pengunjung untuk mencapai lokasi wisata Benang Setokel.

Nama Benang Setokel diambil dari bahasa masyarakat setempat yang berarti segumpal benang karena memang bentuk dari air terjun ini mirip dengan gumpalan benang. Saat mulai memasuki lokasi wisata udara sejuk mulai terasa, hanya dengan membayar uang parkir Rp 2000 persepeda motor dan Rp 2000 karcis masuk untuk setiap orang pengunjung maka kita sudah bisa menikmati udara segar dan rimbunnya pepohonan sekitar area menuju lokasi air terjun yang berjarak sekitar 500 M dari pintu masuk dengan tanjakan jalan yang tertata rapi, disepanjang jalan menuju Air Terjun berderet pedagang makanan dan minuman yang selalu menyapa setiap pengunjung dengan senyum manisnya menawarkan dagangan mereka.
Air Terjun Benang Setokel mempunyai 2 buah Terjunan besar dengan ketinggian kira-kira 20 M dan dibawahnya terdapat genangan air berbentuk kolam tempat penampungan terjunan air yang dapat dijadikan tempat mandi karena airnya yang bersih dan jernih. Disekitar lokasi juga terdapat beberapa Berugak atau Bungalow yang disediakan sebagai tempat istirahat para pengunjung, namun sayang fasilitas toilet yang ada sudah rusak tidak dapat digunakan lagi, tentunya ini menjadi tanggung jawab pengelola dan Pemerintah Daerah. suasana dingin sangat terasa disekitar air terjun, ditambah lagi dengan lebatnya hutan yang masih terawat menambah suasana alami disekitarnya, karena lokasi wisata Benang Setokel termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).
Selain Air Terjun Benang Setokel disekitar wilayah ini juga terdapat air terjun Benang Kelambu yang berjarak sekitar 1 KM yang dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dan sedikit terjal, sangat cocok bagi para penjelajah dengan lembah dan lereng dikiri dan kanan jalan. Benang Setokel merupakan salah satu  Treking pendakian gunung Rinjani dengan jarak tempuh lebih cepat dan bisa menjadi pilihan bagi yang hoby menjelajah dan mendaki gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar